Kamis, 09 Juni 2011

Membuat Video Tutorial

Software dan tips trik Membuat Video Tutorial 

Video Tutorial sangat bermanfaat sebagai media pembalajaran maupun sebagai media edukasi dari sebuah produk, hal ini juga didukung oleh adanya web video sharing seperti youtube, banyak manfaat yang kita peroleh ketika kita sulit memahami sebuah ebook tutorial hanya dengan tulisan – tulisan saja, dengan menambahkan penjelasan melalui video, maka akan semakin memudahkan dalam pemahaman .
begitu juga ketika kita ingin merekam aktivitas di komputer, ingin membuat video tutorial tips & trik penggunaan aplikasi tertentu, Ingin menunjukkan (visualisasi) cara melakukan setting produk-produk tertentu di komputerPada saat ini terdapat banyak sekali program sejenis, yang dapat dipakai untuk merekam berbagai langkah yang Anda lakukan di sebuah komputer. Hasil utama dari program-program seperti itu biasanya adalah sebuah filemultimedia, berupa rekaman gambar dan suara. Program-program semacam ini biasanya dipakai untuk membuat dokumentasi, bahkan seringkali digunakan untuk membuat tutorial tentang penggunaan sebuah aplikasi.
Lalu Software apakah yang perlu kita insatallasikan pada computer kita untuk membuat sebuah video tutorial, Berikut nama software dan fiturnya:
1. CamStudio
Merupakan salah satu software gratisan yang cukup populer dan mungkin terbaik di kelasnya. Website resminya adalah http://camstudio.org. Software ini akan merekam aktivitas layar, termasuk audio. Penggunaannya juga cukup mudah disamping antarmuka yang sederhana. Format video yang dihasilkan adalah standard AVI.
Fitur CamStudio:
  • Merekam Seluruh tampilan layar, area tertentu
  • Mampu menampilkan Cursor dengan memberikan warna/tanda yang berbeda
  • Bisa merekam audio dari speaker atau microfone, dengan format/kualitas yang bisa diatur
  • Hasilnya dapat di konversi ke SWF ( Video Flash )
  • Resource komputer yang diperlukan rendah
  • Fasilitas AutoPan untuk otomatis merekam area tertentu sesuai dengan posisi kursor (Mouse pointer), yang bisa diatur kecepatannya.
  • Berbagai fitur bisa diakses dengan Shortcut di Keyboard (HotKey)
  • Screen Annotations, untuk memberikan keterangan text di video yang dihasilkan
  • Dilengkapi dengan CamStudio Player untuk menjalankan hasil rekamannya
Contoh Penggunaaan
sebagai contoh kita akan membuat tutorial komputer, kita membutuhkan software untuk merekam gerakan kita di komputer (screen record). Ada banyak software yang bisa Anda gunakan, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Anda bisa menggunakan Camtasia Studio sebagai software screen record yang bisa Anda downloaddisini.
  1. Langkah awal adalah download dulu software diatas dan install programnya, setelah selesai jalankan software tersebut.
  2. Sebelum Anda merekam, saran saya atur terlebih dahulu output file. Caranya, pada jendela Camtasia Recorder, Klik Tools – Options. Pada tab Capture pilih saja pilihan Save as AVI pada kolom File Options.
  3. Pilih area yang Anda kehendaki untuk direkam
    Region of the screen, bila Anda ingin memilih secara bebas area yang akan direkam. Specific window, bila Anda ingin memilih jendela tertentu yang akan direkam. Entire screen, bila Anda ingin satu layar penuh untuk direkam.
  4. Anda juga bisa menentukan media audio dan video (bila menggunakan camera) mana saja yang akan dimasukkan kedalam rekaman Anda.
  5. Langkah selanjutnya adalah memilih perangkat audio yang akan digunakan untuk input suara, bisa melalui microphone, speaker audio, microphone dan speaker audio, ataupun secara manual.
  6. Setelah semua setting diatur, berikutnya adalah dengan meng-klik tombol RECORD.Mulai deh bercuap-cuap seolah-olah sedang memberikan materi pada peserta didik. Bisa juga dengan menggunakan tombol F9 untuk Start/Pause dan F10 untuk Stop merekam.
  7. Langkah terakhir adalah menyimpan hasil rekaman Anda.
2. Jing
Jing merupakan aplikasi yang dibuat oleh TechSmith, pembuat SnagIt dan CamTasio Studio. Program ini bisa dikatakan versi lite (ringkas) kedua program itu karena mempunyai dua fitur yaitu Capture Image (PNG) dan juga Screen Recording yang menghasilkan format video SWF. Jika ingin menfokuskan video untuk web site ( dalam format SWF ), mungkin program ini cukup bagus, selain kita juga bisa mengupload hasilnya di alamatscreencast.com yang menyediakan space gratis sampai 2 GB. Hanya saja, untuk menggunakan aplikasi ini, kita harus bergabung (sign up) ke screencast.com, sehingga memerlukan koneksi internet. Meskipun ukuran aplikasi ini hanya sekitar 4.9 MB, tetapi kita harus menginstall Microsoft .NET Framework 3.0, yang ukurannya sekitar 50 MB ( untuk windows XP kebawah ). Untuk WIndows Vista sudah disertakan .NET Framework 3.0.
Informasi selengkapnya dan Download http://www.jingproject.com
3. Free Screen Recorder
Program ini mungkin merupakan program yang mempunyai ukuran paling kecil ( hanya sekitar 592 KB) dan mampu merekam aktivitas di layar termasuk audio (suara) dan dihasilkan format video standard AVI.
Fitur Free Screen Recorder:
  • Merekam aktivitas layar, termasuk audio (suara)
  • Tersedia HotKey untuk merekam, Pause dan menghentikan rekaman
  • Merekam area tertentu atau seluruh layar windows
  • Pengaturan hasil video, mencakup video codec, framerate, audio codec dan frequency.
  • Aktivitas Mouse dapat ditampilkan/disembunyikan
  • Antarmuka yang sederhana seperti CamStudio
  • Ukuran file installasi yang kecil ( sekitar 592 KB)
4. TipCam
Seperti program-program sebelumnya, TipCam mampu merekam seluruh layar windows atau area tertentu saja. Tampilan aplikasi ini mungkin sedikit berbeda dengan program-program sebelumnya, dan mungkin pada awalnya sedikit menyulitkan dalam pengaturan setting.
Fitur TipCam
  • Merekam aktivitas layar, termasuk video/film yang sedang dijalankan
  • Share hasil video di uTipU.com atau upload ke youtube
  • Merekam kedalam format FLV atau AVI
  • Tampilan minibar ketika merekam
  • Fasilitas Pan ( mengikuti cursor), Zoom
  • Menambahkan tulisan tangan atau gambar dengan kursor
  • Mampu menjalankan file FLV ( flash video)
  • Memotong bagian awal atau akhir video yang dihasilkan.
5. Community Clips
Di tengah belantara banyaknya produk-produk sejenis, yang berbayar atau pun gratis, kini kita bisa mencoba sebuah produk baru dari Microsoft Office Labs, yang bernama Community Clips. Produk gratis ini menawarkan berbagai kemampuan yang sanggup memenuhi berbagai kebutuhan Anda dalam membuat dokumentasi multimedia pada sebuah komputer.
Instalasi Community Clips
Sebelum dapat melakukan instalasi Community Clips, ada beberapa prasyarat perangkat lunak yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yaitu:
  • Sistem operasi Windows XP atau Windows Vista
  • Adobe Flash Player 8.0 atau yang lebih baru
  • Internet Explorer 6.0 atau Firefox 2.0, atau yang lebih baru.
Setelah prasyarat di atas terpenuhi, lakukan instalasi Community Clips dengan menjalankan installer yang dapat di-download pada link ini.
Setelah instalasi selesai dilakukan, Anda dapat mengakses Community Clips dengan 2 (dua) cara. Yang pertama melalui system tray di pojok kanan bawah;
atau melalui Office Ribbon (jika Anda menggunakan Microsoft Office 2007).
Membuat Video Tutorial
Dengan asumsi Anda akan menggunakan system tray, langkah pertama yang dilakukan adalah meng-klik ikon Community Clips pada system tray di pojok kanan bawah desktop.
Pada di atas, Anda dapat memilih salah satu dari 3 (tiga) pilihan: 1. Mulai merekam (Start Recording), 2. Mulai merekam aplikasi (Start Recording Application), 3. Mulai merekam wilayah (Start Recording Region).
Pada pilihan yang pertama, Anda akan merekam seluruh wilayah desktop pada komputer. Sedangkan pada pilihan yang kedua, Anda hanya akan merekam aplikasi spesifik yang dipilih (dari beberapa aplikasi yang mungkin sedang dijalankan di komputer Anda). Pada pilihan ke-dua ini Anda akan diminta untuk memilih aplikasi yang hendak direkam. Sedangkan pada pilihan terakhir, Anda dapat merekam area tertentu dari bidang desktop di komputer. Di sini Anda diminta untuk menentukan kotak wilayah yang ingin direkam. Apa pun yang dipilih, selanjutnya akan muncul sebuah box berisi konfirmasi perekaman akan segera dimulai.
Proses selanjutnya adalah Anda melakukan apa pun yang hendak direkam. Jika diinginkan, Anda juga dapat melengkapi video tutorial ini dengan suara (tentu jika komputer Anda dilengkapi dengan microphone). Penambahan suara tentu akan membuat video tutorial menjadi lebih hidup dan bermanfaat. Setelah semua yang ingin direkam selesai dijalankan, akhiri proses perekaman dengan mengklik kembali Community Clips padasystem tray atau Office Ribbon, lalu pilih menu Stop Recording (atau menggunakan shortcut Windows+ALT+T).
Pada gambar di atas, ketika Anda meng-klik ikon Community Clips pada system tray, secara otomatis proses perekaman akan terhenti sementara (paused). Jadi jika Anda tidak benar-benar bermaksud menghentikan proses sementara, Anda bisa memilih Continue Recording untuk melanjutkan.
Setelah proses perekaman diakhiri, Community Clips akan segera menampilkan video hasil rekaman yang dilakukan pada Windows Media Player.
Mendistribusikan Video
Video dokumentasi atau tutorial yang Anda buat dapat segera dimanfaatkan setelah proses perekaman diakhiri. Pada gambar di atas, Anda dapat menyimpan hasil rekaman dalam bentuk file ber-ekstensi .wmv, dengan cara meng-klik tombol Save. Setelah file disimpan, Anda dapat mendistribusikan lewat email (klik tombol Email) atau meng-upload ke situs Community Clips (klik tombol Upload). Untuk dapat meng-upload video ke situs Community Clips, Anda harus sudah memiliki Windows Live ID. Jika belum memilikinya, Anda dapat mengawali dengan mendaftar terlebih dahulu.
6. Plato
Software yang satu ini sangat cocok untuk anda yang ingin merekam segala aktivitas di komputer untuk dijadikan bahan tutorial, baik untuk membuat postingan di blog agardapat lebih menjelaskan isi dari tulisan atau untuk membantu dalam tugas kuliah atau sekolah anda.
Apalagi kalau anda ingin menjelaskan setiap langkah dalam membuat tutorial manipulasi gambar dengan Adobe Photoshop atau CorelDraw. Biasanya ‘kan kalau hanya dijelaskan dengan kata-kata saja cukup sulit menjelaskannya, oleh karena itu dengan Plato Screen Video Recorder ini anda dapat menjelaskannya setiap langkah per langkahnya dengan video buatan sendiri.
Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya dengan menekan tombol gambar video, lalu pilih bagian yang akan dibuat rekamannya jika sudah selesai tekan tanda disket untuk menyimpan, anda bisa memilih file ekstensionnya dengan format *.exe atau *.avi. Mudah kan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar